Cara Mudah Belajar LINUX

Seringkali orang takut untuk mulai belajar Linux karena menurut pandangan banyak orang, Linux merupakan sesuatu yang susah untuk dipelajari. Padahal hal tersebut salah, semuanya hanya bergantung pada faktor kebiasaan saja. Tips berikut akan memberikan beberapa usulan cara mudah untuk memulai mempelajari Linux, terutama bagi orang-orang yang sudah terbiasa menggunakan sistem operasi lain seperti DOS atau Windows.

Perintah DOS di Linux
Pada waktu bekerja menggunakan console Linux, mungkin hal ini mengingatkan kita pada DOS, seringkali kita jadi terbawa untuk mengetikkan perintah-perintah DOS, tentu saja jika dilakukan akan terjadi error, misalnya perintah:

# cd..

pada DOS, hal ini dapat berjalan, tetapi pada Linux perintah ini akan menghasilkan error karena cd pada Linux adalah sebuah program, sehingga parameter yang mengikuti program harus dipisahkan oleh spasi.

Hal tersebut dapat diatasi dengan menggunakan perintah alias, perintahnya adalah sebagai berikut:

# alias cd..= “cd .. “

perintah alias diatas akan menerjemahkan perintah cd.. (tanpa spasi) menjadi cd .. (dengan spasi). Supaya perintah tersebut tetap ada sewaktu komputer di restart, masukkan perintah tersebut kedalam file .bashrc (dot bashrc) anda, tanda dot di depan nama file menandakan bahwa file tersebut hidden.

Gunakan editor favorit anda untuk mengedit file tersebut, kemudian tambahkan baris berikut:

alias dir=”ls”
alias cd/=”cd /”
alias cd~=”cd ~”
alias cd..=”cd ..”
alias md=”mkdir”
alias rd=”rmdir -i”
alias rm=”rm -i”

tambahkan alias lain yang anda inginkan dengan format seperti diatas.

Sumber-sumber di Internet
Ada banyak sekali situs di Internet yang berisi tentang Linux, sebagai awal untuk belajar Linux, ada beberapa situs yang layak untuk dikunjungi, yang pertama adalah The Linux Documentation Project (http://www.tldp.org) yang terkenal dengan HOW-TO nya yang berisi tutorial tentang topik-topik tertentu di Linux.

Situs berikutnya adalah Linux Newbie (http://www.linuxnewbie.org) yang berisi tutorial Linux dengan bahasa awam sehingga relatif lebih mudah untuk dipahami bagi pemula. Bagi yang suka chatting, Linux Newbie juga memiliki sebuah channel yang bernama #linuxnewbie pada server Ef Net.

Menggunakan man pages
linux memiliki sebuah manual yang bernama man pages yang berisi petunjuk cara penggunaan sebuah perintah, untuk memanggilnya, gunakan perintah:

# man

misalnya kita ingin mempelajari perintah ls, maka ketikkan perintah:

# man ls

perintah tersebut akan menampilkan petunjuk penggunaan perintah ls, untuk menggulung layar keatas bawah, gunakan tombol panah atas dan bawah, sedangkan untuk keluar, gunakan tombol q.

Belajar dari direktori /etc
direktori /etc adalah direktori tempat dimana program di Linux biasa menyimpan file konfigurasinya. Sebagian besar dari file konfigurasi tersebut dilengkapi dengan keterangan yang dapat dipelajari. Untuk mengetahui asal usul sebuah file, cobalah menggunakan perintah man diatas untuk mengetahui file apakah itu.

Sumber : http://oasisnet.wordpress.com/

0 komentar: